Breaking News
Home / artikel / 14 jenis dapur keris dengan luk 13 berdasarkan pakem jawa

14 jenis dapur keris dengan luk 13 berdasarkan pakem jawa

Dapur keris luk 13 (tiga belas) adalah keris dengan lekuk sebanyak 13 buah, filosofi Angka 13 menurut tradisi budaya jawa sebenarnya mempunyai arti  yang jelek, yaitu kesialan, usibah atau malapetaka. Pembuatan keris dengan luk 13 dimaksudkan untuk tujuan tuah energi kesaktian dan wibawa kekuasaan keris itu menjadi penangkal kesialan atau tolak bala. Keris dengan luk 13 (tigabelas) biasanya dibuat dengan maksud untuk kesaktian dan wibawa kekuasaan.

Contoh keris ber-luk 13 yang melegenda adalah keris Nagasasra yang bersifat penguasa, pengayom dan pelindung. Aura energi wibawa keris ini begitu  kuat. Aura wibawanya meningkatkan kewibawaan pemiliknya agar disegani banyak orang dan wataknya sebagai pengayom dan pelindung akan selalu melindungi orang-orang yang berlindung kepadanya.

BACA JUGA:

  1. Bursa Pemaharan Keris Dijual
  2. 9 Keris Pusaka Sakti Yang Melegenda di Indonesia

Keris Nagasasra dan Keris Sabuk Inten adalah sepasang keris yang menjadi lambang kebesaran kerajaan Majapahit. Dan ketika kerajaan Majapahit berakhir, pemerintahan berpindah ke kerajaan Demak, sepasang keris ini kemudian diboyong ke Demak dan dijadikan lambang kebesaran kerajaan Demak. Sayangnya, di Demak itu wahyu kerisnya tidak bekerja.

sepasang keris ini memiliki tuah kesaktian yang setingkat dan sifat karakter kedua bilah keris ini saling melengkapi. Pada era nya, banyak orang, terutama adalah para penguasa daerah, seperti kadipaten dan kabupaten, yang menginginkan memiliki keua pusaka tersebut, sehingga kemudian sepasang pusaka tersebut banyak dibuat keris-keris tiruannya, yaitu keris  berdapur nagasasra (atau berdapur naga), dan keris-keris berdapur sabuk inten.

Beberapa di antara keris pusaka tiruan/duplikat sepasang keris tersebut, bilah hanya dibuat sebuah, tidak sepasang, banyak yang dibuat berdapur nagasasra tetapi ber luk 11, atau berdapur sabuk inten tetapi ber luk 13.  Sengaja dibuat demikian oleh empunya dengan tujuan untuk menggambarkan bahwa keris yang hanya sebuah itu karakter gaibnya sama dengan perpaduan karakter sepasang keris nagasasra dan sabuk inten.

Berikut Nama Dapur Keris Luk 13 :

  1.     Sengkelat
  2.     Parung Sari
  3.     Caluring
  4.     Johan Mangan Kala
  5.     Kantar
  6.     Sepokal
  7.     Lo Gandu
  8.     Nagasasra
  9.     Singa Barong Luk 13
  10.     Carita Luk 13
  11.     Naga Siluman Luk 13
  12.     Mangkunegoro
  13.     Bima Kurdo Luk 13
  14.     Kalawelang Luk 13

 

Series Navigation<< 16 Nama Dapur Keris Luk 11 Menurut Pakem Jawa16 Nama Dapur Keris Luk 9 >>

Check Also

Anoman hanoman kera putih tokoh wayang kulit purwo

Raden Hanoman

Tokoh Wayang Kulit / Wayang PurwaRaden HanomanPrabu SugriwaResi SubaliDewi AnjaniRamaparasuBambang SukrasanaPrabu Arjunasasrabahu (Arjuno Sosrobahu)Bambang SumantriRaden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *