Dunia Keris Selamat datang kerabat perkerisan. Sebutan kembang sepatu ini pada awalnya dari India, lantaran disana tanaman ini bunganya buat nyemir sepatu. barangkali lantaran itulah kemudian orang menamakannya kembang sepatu. Lain lagi kalau di Tiongkok, tanaman ini diambil bunganya buat menghitamkan rambut & alis.

Orang Sunda kembang sepatu ini disebut dengan kembang wera, ad interim kalau orang Jawa menyebutnya kembang wora-wari. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Malvaceae. Tanaman bunga sepatu ini banyak ditanam orang di halaman sebagai tanaman hias atau sebagai pagar hayati. Bunganya yang indah & warna yang mencolok dapat menyegarkan mata & memperindah pekarangan rumah.

Untuk perkembangbiakannya, biasa dilakukan dengan cara stek btg atau cangkok. Jarang sekali yang memanfaatkan bijinya. Kebanyakan orang menerka kalau bunga kembang sepatu hanya memiliki warna merah, padahal warnanya sangat beraneka ragam tergantung jenisnya. Ada yang berwarna orange, kuning, bahkan putih.

Selain ditanam di halaman sebagai tanaman hias, kembang sepatu juga acapkali dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat ialah akar, bunga & daunnya.Bagian bunganya mengandung hibisetin, sedangkan akar & daunnya mengandung Calcium-oksalat, peroxidase, lemak & protein.

Untuk penggunaannya bisa secara langsung membuat ramuan dari bunga segar maupun dijadikan sebagai teh. Teh kembang sepatu ketika ini sedang terkenal lantaran khasiatya bagi kesehatan. Diantaranya mengatasi demam, membuat suasana hati lebih rileks, menurunkan berat badan hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bagi dunia kecantikan, ekstrak teh bunga sepatu ini dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, kembang sepatu juga merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang berguna dalam mengobati aneka macam macam penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan kembang sepatu antara lain batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit ketua & gonorhoe.

Manfaat Bunga Sepatu Sebagai Obat Tradisional

Sebagai tanaman obat, bunga sepatu dikenal berguna buat mengobati aneka macam macam peyakit. Berikut ini cara mengobati penyakit menggunakan kembang sepatu.

Obat Sakit Panas

Biasanya, anak-anak acapkali terkena sakit panas gara-gara kehujanan, makan es atau jajan asal-asalan. Tidak perlu menggunakan obat dokter buat penyakit-penyakit misalnya ini lantaran justru akan membuat kekebalan tubuh si anak menurun. Ambil saja akar dari tanaman kembang sepatu, cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Rebus dalam air mendidih selama 30 menit, kemudian saring. Minum airnya sekaligus.

Mengobati Batuk & Sariawan

Selain dapat meredakan sakit panas anak, tanaman kembang sepatu ini juga bisa dimanfaatkan buat mengobati batuk & sariawan. Ambil daun kembang sepatu secukupnya, cuci bersih kemudian rebus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring airnya kemudian diminum.

Mengobati Bronkhitis

Bronkhitis merupakan peradangan pada bronchus yang menyebabkan terganggunya kinerja saluran pernapasan ke paru-paru. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bunga dari kembang sepatu. Caranya, rebus bunga sepatu secukupnya selama 15 menit. Saring airnya, alu diminum.

Obat Penyakit Gonorrhea

Gonorrhea biasa juga disebut sebagai penyakit kencing nanah. Ini merupakan penyakit berbahaya yang harus cepat diatasi. Cuci bersih bunga kembang sepatu secukupnya, lalu direbus selama seperempat jam. Saring airnya & biarkan semalaman. Di tempat saya istilahnya diembunkan. Esok paginya minum ramuan tadi.

Obat Sakit Kepala

Rebus daun kembang sepatu selama setengah jam, kemudian airnya digunakan sebagai kompres. Bisa juga digunakan dengan cara diminum.

Mengobati Gondokan

Gondok atau gondokan ialah penyakit yang akan terjadi pembesaran kelenjar tiiroid. Letaknya di leher bagian bawah jakun atau laring. Untuk mengatasinya gunakan akar kembang sepatu yang direbus dalam air mendidih selama setengah jam. Gunakan sebagai obat kompres.

Manfaat Kembang Sepatu buat Kesehatan

Hampir semua bagian tanaman kembang sepatu bisa dimanfaatkan buat kesehatan. Mulai dari akar, daun hingga bunganya. Malahan sekarang ini bunga sepatu sudah dikemas dalam bentuk teh. Jadi tinggal seduh saja, kita sudah bisa merasakan khasiat dari teh bunga sepatu ini.

Mengeluarkan Racun

Teh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, juga dapat melawan kanker & mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Saat ini teh bunga sepatu sudah banyak dijual bebas.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan minyak yang terdapat dalam bunga sepatu dapat membantu Anda membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati & membuat kulit lebih halus. Selain itu, bagian bunganya juga mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi jerawat & mencegah penuaan dini. Caranya, ambil kelopak bunga sepatu kemudian remas-remas & gosokkan di sekitar wajah & leher secara lembut.

Mengatasi PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) terjadi pada wanita ketika menjelang menstruasi dimana terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan suasana hati menjadi tidak menentu. Untuk mengatasi hal tadi, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga sepatu supaya perasaan menjadi lebih rileks.

Meredakan Demam & Pilek

Anggota keluarga Anda mengalami demam disertai pilek? Tidak terdapat salahnya buat mencoba teh bunga sepatu. Di dalamnya terdapat terdapat kandungan vitamin C yang membantu melawan virus penyebab pilek.

Menurunkan Berat Badan

Hampir semua orang tentunya ingin memiliki tubuh langsing & sehat. Namun, tumpukan lemak & kalori dalam tubuh seringali menyebabkan kegemukan. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin.

Menambah Energi

Mengkonsumsi teh bunga sepatu ternyata juga dapat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas seharian. Revitalisasi energi sangatlah penting buat menghindari stres & ketegangan. Demikian khasiat & manfaat bunga sepatu buat kesehatan & pengobatan tradisional.

Leave a Reply