Breaking News
Home / artikel / Raden Hanoman

Raden Hanoman

Anoman hanoman kera putih tokoh wayang kulit purwo
Anoman hanoman kera putih tokoh wayang kulit purwo

Raden Hanoman / Anoman yang disebut juga Bambang Senggana, Prabancana, Palwagaseta, atau Kapiwara adalah anak Batara Guru yang lahir dari ibu yang bernama Dewi Anjani. Istri Raden Hanoman ada dua orang, yaitu: Dewi Urangayu, anak Begawan Mintuna dari Wailu, berputra Raden Trigangga. Dewi Purwanti, anak Begawan Purwapada dari Padepokan Andongsumawi, berputra Bambang Purwaganti. Raden Hanoman termasuk darah Bayu atau saudara tunggal Bayu. Saudara tunggal Bayu yang lain ialah Batara Bayu, Raden Hanoman, Raden Werkudara, Wil Jajahweka, Begawan Maenaka, Gajah Setubanda, dan Dewaruci.

baca juga:
9 Keris Pusaka Sakti Yang Melegenda di Indonesia
Bursa Keris Tosan Aji
Artikel Pengetahuan Tentang Ilmu Keris

Ciri-ciri saudara tunggal Bayu ialah berkain jawat poleng (hitam putih), berkuku panjang dan tajam yang disebut Kuku Pancanaka. Raden Hanoman sangat sakti, tidak ada yang dapat menga-lahkannya. Bila perang melawan musuh, tidak pernah mundur selangkah pun. Raden Hanoman banyak berjasa terhadap ketenteraman dunia. Pada zaman Prabu Rama, is menjadi mahasenapati prajurit kera, menyerang kerajaan Alengka. Raden Hanoman dapat melaksanakan tugas menjadi duta perang memboyong kembali Dewi Sinta yang diculik Prabu Dasamuka, Raja Alengka. Atas keberhasilannya itu, Raden Hanoman menjadi anak angkat Prabu Ramawijaya dengan sebutan Raden.Ramandayapati. Setelah usia tua, Raden Hanoman bertapa dan menjadi begawan di Pertapaan Kendalisada dengan nama Begawan Mayangkara. Hanoman atau Begawan Mayangkara berusia sangat panjang. la hidup dari zaman Ramayana sampai dengan Mahabarata.

Series NavigationPrabu Sugriwa >>

Check Also

resi sugriwa sugriwo tokoh wayang kulit purwo

Prabu Sugriwa

Tokoh Wayang Kulit / Wayang PurwaRaden HanomanPrabu SugriwaResi SubaliDewi AnjaniRamaparasuBambang SukrasanaPrabu Arjunasasrabahu (Arjuno Sosrobahu)Bambang SumantriPrabu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *