Breaking News
Home / artikel / Ramaparasu

Ramaparasu

ramaparasu gambar tokoh wayang kulit purwo
ramaparasu gambar tokoh wayang kulit purwo

Ramaparasu adalah seorang maharesi di Padepokan Sambi-harjo. Putra Begawan Jamadagni. Parasu artinya kapak. Ramaparasu artinya Rama yang ber-senjatakan kapak. Ia juga memiliki senjata besar yang ampuh berwujud jemparing. Ibunya bernama Dewi Renuka. Ia merupakan seorang ibu yang tidak pantas menjadi teladan bagi para wanita. Dewi Renuka dibunuh oleh anaknya sendiri karena ia bertindak serong dengan lelaki lain yaitu Prabu Citraratra, Raja Martikawata. Oleh Begawan Jamadagni, Ramaparasu diperintah untuk mem-bunuh ibunya sendiri. Ramaparasu melaksanakan perintah ayahnya, dengan memakai senjata kapak ia membunuh ibunya.

baca juga:
9 Keris Pusaka Sakti Yang Melegenda di Indonesia
Bursa Keris Tosan Aji
Artikel Pengetahuan Tentang Ilmu Keris

Ramaparasu juga disebut Rama Bargawa. Sangat besar tubuhnya, kekuatannya sama dengan delapan ekor gajah, kesaktiannya dapat mengalahkan para dewa. Walaupun telah panjang usianya, namun belum juga menemui ajalnya. la mengembara ke seluruh penjuru, menantang perang dengan satria yang ia jumpai.  Dalam pengembaraannya itu, is bermaksud menemukan ajal-nya, namun gagal karena is selalu dapat mengalahkan satria yang diajak perang. Rama Bargawa selalu memanggul gandewa yang amat besar. Ketika mendengar Rama dapat merentangkan gandewa pusaka Mantili, is merasa panas hatinya. Harapan yang terakhir agar menemukan ajalnya dengan menantang Rama juga tidak ke-sampaian. Akhirnya, Sang Bargawa menuju ke kayangan menjadi dewa bernama Ramaparasu.

Series Navigation<< Dewi AnjaniBambang Sukrasana >>

Check Also

Anoman hanoman kera putih tokoh wayang kulit purwo

Raden Hanoman

Tokoh Wayang Kulit / Wayang PurwaRaden HanomanPrabu SugriwaResi SubaliDewi AnjaniRamaparasuBambang SukrasanaPrabu Arjunasasrabahu (Arjuno Sosrobahu)Bambang SumantriRaden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *