Dunia Keris Selamat tiba kerabat perkerisan. Jika dalam kesempatan sebelumnya saya membagikan tulisan tentang jaelangkung yang tergerus zaman, dikesempatan kali ini saya akan bagikan tentang cara mengolah piranti permainan Jaelangkung. Saya bilang permainan sebab dalam zaman saya inilah permainan yang paling seru & mendebarkan.

Boombastisnya film bioskop yang mengangkat cerita hantu jaelangkung beberapa tahun belakangan ini, membuat poly orang membicarakan tentang Jaelangkung. Khususnya para anak muda yang suka iseng membuat permainan jaelangkung. Memang permainan ini menguji andrenalin kita, khususnya saat kita langsung berkomunikasi dengan makhluk halus yang menyusupi jaelangkung tersebut.

Memang, permainan jaelangkung hanya sebatas alat atau media untuk bisa berkomunikasi dengan makhluk halus. Makhluk halus yang menyusupi Jaelangkung tersebut semuanya berasal dari arwah-arwah yang penasaran dari orang mati yang nir wajar. Seperti orang yang mati sebab korban kecelakaan, bunuh diri & korban pembunuhan. Atau bahkan jin yang menyaru.

Nah, menjawab kepenasaran kerabat perkerisan sekalian berikut ini saya bagikan buat panjenengan apa & bagaimana tatacaranya piranti Jaelangkung ini kita buat & pergunakan. Sebenarnya sangatlah mudah dalam membuat jaelangkung. Pertama kerabat perkerisan harus mempersiapkan galon air mineral yang sudah kosong, siapkan juga satu sandang berupa: hem (kemeja), satu gayung yang terbuat dari batok kelapa, satu spidol, kayu 30cm & papan putih atau kertas karton pun bisa. Serta ingat sediakan dupa & korek barah.

Sedangkan tata caranya sangat mudah untuk merangkai alat-alat tersebut jadi Jaelangkung. Pertama-tama, ambil gayung yang terbuat dari batok kelapa tersebut. Kemudian taruh dalam galon air mineral yang kosong tadi. Selanjutnya ikat kayu 30cm an tadi & ingat ikat spidolnya di ujung kayu tersebut. Gunanya untuk menulis di papan/kertas karton tersebut. Setelah semuanya terangkai baru pakaikan hem tersebut sehingga sekilas terlihat seperti orang hanya setengah badan.

Jika semuanya sudah siap, baru mulai mediasi. Pegang Jaelangkung dibagian bawah, kedua tangan memegang bagian bawah galon tersebut. Kemudian bakar dupa & bacakan mantra-mantra berikut ini "Jaelangkung-jaelangsek disini ada pesta,pestanya kecil-kecilan, tiba tak dijemput pulang tak diantar".

Mantra tersebut ulangi terus sampai galon air mineral tersebut terasa berat, tanda ada arwah yang sudah masuk. Kemudian Jaelangkung tersebut dekatkan dengan papan/karton putih agar dia bisa menulis & menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Nah, sangat mudah kan?

Akhir kata, selamat mencoba, tapi perlu di ingat dalam permainan Jaelangkung jangan sampai pikiran kita kosong sebab akan sangat mudah dirasuki arwah-arwah disekitar yang ibaratnya sudah ngantri untuk masuk jaelangkung tersebut. Dan satu hal lagi & sangat penting, jangan lakukan seorang diri. Itu saja saran saya. Maturnuwun.

Leave a Reply