Kembang Kacang  atau Telale Gajah atau Akar Kacang adalah nama bagian yang terlihat seperti bunga kacang atau Belalai Gajah. Di Semenanjung Malaya, Brunei, Sarawak, Sabah, Palembang, Pontianak, dan Riau, bagian ini disebut belalai gajah. Bunga kacang adalah salah satu fragmen kepala, yang selalu menempel di puncak Gandik di depan sor-soran di bagian atas. Bunga kacang biasanya memiliki jalen di bawah lengannya. Di bawahnya biasanya terdapat lambe gajah dan jalu memet.

Tidak semua Keris memiliki bunga kacang. Banyak juga keris yang tidak menggunakan Kembang Kacang atau bunga kacang, Keris yang tidak mempunyai kembang kacang disebut keris gandik Lugas atau gandik polos.
Meskipun bentuknya biasanya sama, ada banyak variasi dalam bentuk bunga kacang, yaitu: nguku bima, pogok, gula milir, malik atau bungem, nyunti atau nggelung wayang dan ghatra, sedangkan bunga kacang yang patah atau bunga kacang yang rusak, biasa disebut pugut

gambar-bentuk-ragam-kembang-kacang
Ragam Bentuk Kembang Kacang

Dalam sejarah perkerisan, perkembangan keris yang menggunakan ricikan bunga kacang atau kembang kacang baru muncul setelah era Segaluh, dan mempunyai bentuk sempurna yang baru ditemui diera tangguh Jenggala. Keris era Buda ataupun sebelum era Buda (Purwacarita) tidak ada yang menggunakan bunga kacang, kembang kacang atau sekar kacang, Karena keris diera ini hanya memiliki bentuk yang sangat sederhana sekali.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *