Breaking News
Home / artikel / Mengenal Keris Sajen

Mengenal Keris Sajen

KERIS SAJEN adalah penamaan terhadap keris sederhana, kecil, dan terkadang hulunya menyatu dengan bilahnya. Hulu keris yang juga terbuat dari logam umumnya berupa gambaran manusia yang distilir. Keris sajen kebanyakan hanya berpamor sanak. Sedangkan gambaran pamornya umumnya adalah pamor Adeg. Pada buku-buku mengenai keris yang ditulis oleh orang Barat, keris sajen yang arnat sederhana ini bia-sanya disebut dengan istilah Keris Majapahit, padahal menurut buku-buku keris dari kepustakaan keraton ser-ta karya pujangga-pujangga kita, keris tangguh Majapahit selalu indah dan tinggi mutunya, tidak sesederhana keris sajen.

Keris sajen dibuat khusus untuk keperluan sesaji, terutama pada upacara bersih desa atau upacara lain yang berkaitan dengan kekuatan alam gaib. Keris itu diletakkan di tengah barang sesaji, dan sesudah upacara selesai keris itu dilarung. Itulah sebabnya, banyak keris sajen yang dijumpai sebagai barang temuan di tengah sawah, di pinggir, atau di tanah peladangan. Keris sajen banyak yang sudah tidak utuh karena ada bagian bilah yang termakan karat. Hal ini disebabkan karena pada umumnya keris semacam ini ditemukan dalam keadaan tertim bun tanah karena memang ti dak dipelihara. Karena keadaan barang yang telah rusak dan keropos itulah, sebagian orang yang kurang paham mengenai budaya keris sering mengatakannya sebagai keris yang amat bertuah. Bahkan oleh kalangan tertentu, keris itu kadang-kadang di tanjeg sebagai keris yang ampuh.

toko keris solo

keris ampuh

keris sajen
keris sajen

Check Also

dewi anjani gambar tokoh wayang kulit purwo

Dewi Anjani

Tokoh Wayang Kulit / Wayang PurwaRaden HanomanPrabu SugriwaResi SubaliDewi AnjaniRamaparasuBambang SukrasanaPrabu Arjunasasrabahu (Arjuno Sosrobahu)Bambang SumantriAyahnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *