Breaking News
Home / artikel / Jenis Textile yang Digunakan untuk Kain Batik

Jenis Textile yang Digunakan untuk Kain Batik

Jenis Textile yang Digunakan untuk Kain Batik Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan pakaian. Pakaian dibuat dari kain. Pakaian-pakaian yang dibuat dari kain disebut tekstil. Kain dibuat dari kapas yang dipintal dan ditenun. Memintal adalah membuat kapas menjadi benang. Menenun adalah menganyam benang menjadi kain. Jadi, pada dasarnya tekstil adalah benang yang dianyam.

Berkembangnya ilmu pengetahuan, manusia mampu menciptakan alat dan bahan untuk mengolah tekstil. Bahan benang juga berkembang, tidak hanya dari kapas, tetapi juga dari bahan sintetis yang lain. Bahan sintetis adalah bahan buatan, sedangkan kapas merupakan bahan benang dari alam.

baca juga:
9 Keris Pusaka Sakti Yang Melegenda di Indonesia
Bursa Keris Tosan Aji
Artikel Pengetahuan Tentang Ilmu Keris

Selain bahan, manusia juga menciptakan teknologi tenun. Dengan ditemukannya alat te-nun yang canggih, manusia mampu menghasilkan berbagai jenis tekstil. Ragam tekstil tidak hanya dilihat dari bahannya, tetapi juga motif-motifnya. Corak motif hias mulai berkembang dengan pesat.

Beberapa jenis tekstil yang kita kenal, antara lain sebagai berikut.

  1. Palekat, yaitu jenis kain tenun bermotif kotak-kotak yang pada umumnya digunakan oleh kaum laki-laki. Istilah palekat diduga berasal dari India, suatu daerah penghasil tekstil. Namun, istilah tersebut kini menjadi nama produksi kain tenun di Indonesia. Motif kain palekat pada umunya kotak-kotak dengan beraneka corak.
  2. Brokat, yaitu tekstil berbentuk menyerupai bordir yang dibuat dengan mesin. Kebanyakan motifnya terdiri atas corak tumbuhan. Kain brokat banyak digunakan untuk pakaian wanita.
  3. Songket, yaitu kain yang dibuat dengan teknik tenun tradisional. Songket biasanya menggunakan motif daerah. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang menghasilkan tekstil berbentuk kain songket ini, antara lain Toraja, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Lampung, Sumbawa, dan beberapa daerah di Indonesia.
  4. Printing, yaitu cetak grafis. Cetak grafis yang digunakan adalah teknik cetak swing atau sablon. Jadi, kain printing adalah kain yang pola hiasannya dibuat dengan teknik cetak sablon. 5. Batik, yaitu jenis tekstil yang hiasannya dibuat dengan teknik batik atau celup rintang. Perhatikan contoh macam-macam motif tenun, cara memintal, dan cara menenun di bawah ini
kain batik sarita
kain batik sarita
kain batik tenun toraja
kain batik tenun toraja
kain batik tenun sukomandi toraja
kain batik tenun sukomandi toraja
kain batik baicard kalimantan
kain batik baicard kalimantan
gambar memintal benang
gambar memintal benang
gambar menenun kain ikat sukomandi tanatoraja
gambar menenun kain ikat sukomandi tanatoraja

demikian artikel tentang Jenis Textile yang Digunakan untuk Kain Batik semoga bermanfaat

Series NavigationMacam Jenis Batik dan Fungsinya >>

Check Also

Anoman hanoman kera putih tokoh wayang kulit purwo

Raden Hanoman

Tokoh Wayang Kulit / Wayang PurwaRaden HanomanPrabu SugriwaResi SubaliDewi AnjaniRamaparasuBambang SukrasanaPrabu Arjunasasrabahu (Arjuno Sosrobahu)Bambang SumantriRaden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *