Keris World Selamat Datang Dagu Dagu. Pernahkah kamu melihat boneka? Apa yang bisa kita nikmati segera dengan boneka bayangan notobenenya, hanya perubahan kulit binatang tadi? Jawabannya ternyata berbeda jenis kisanak. Bergantung pada dimana kita mengambil titik koordinat untuk menikmati dan menghargai dan mixinterprestasikan wayangfiguren yang dipresentasikan sebelumnya di pegelaran wayang. Diakui atau tidak mengabadikan kendali atas nilai seni dan sains yang terkandung di atas di atas. Game wayang akan hidup kembali jika Dalang bisa membawa wayang dengan baik dan menarik.
Di medan perang, misalnya, sang dalang harus bisa memiliki kemampuan melek huruf yang baik. Selain itu, dalang harus bisa bermain adegan sesuai pakemnya seperti pop scene untungnya dibanding dalang juga harus menghadirkan ungkapan bahagia. Begitu juga waktu yang dibutuhkan untuk membawa adegan sedih, dalang juga harus menjadi mancolo putri Putro mancolo sehingga penonton terbawa dan menjalani setiap permainan yang dimainkan.
Keterampilan pada saat bersamaan bahwa manipulasi hebat tidak berhenti atau hanya di sana. Pintar menjadi mancolo putro mancolo-princess dan didukung oleh sains dan budaya. Mengapa demikian? Karena dalam sejarah wewayangan cerita wayang bukan nilai estetika, tapi wayang adalah media masyarakat. Wayang untuk orang Jawa adalah mitos riligius yang menarik yang menyatukan masyarakat Jawa secara keseluruhan, baik secara horisontal maupun vertikal. Sementara Ward Keeler mengaitkan aspek-aspek ini tercermin dalam kehidupan sosial dan status sosial relatif.
Kedua ilmuwan tersebut telah menemukan titik cinta untuk pertunjukan wayang bahwa boneka Wayang menunjukkan nilai-nilai yang menunjukkan upaya untuk mencapai keharmonisan kehidupan. Negara yang ideal untuk dipertahankan adalah keseimbangan dalam tatanan sosial yang digambarkan sebagai masyarakat yang adil, damai, sejahtera dan aman.
Nilai keilahian, monoteisme, yang tertanam dalam semangat masyarakat Jawa, biasanya berasal dari nilai budaya, salah satunya adalah wayang. Peranan boneka sebagai media tanam semangat keilahian tak lepas dari kecerdikan walisongo, terutama metode khotbah Sunan Kalijaga mengutamakan nilai budaya masyarakat. Komunitas jawa yang terus memuja nilai-nilai budaya akan lebih reseptif terhadap nilai asumsi pengiriman keagaman yang lebih halus, menurut psikologi masyarakat Jawa yang menekankan kecanggihan dibanding mengasumsikan bahwa pendidikan diberikan melalui pemahaman yang baik tentang yang ekstrem.
Konsep ketauhidan bagi masyarakat Jawa bisa berbeda dengan konsep ketauhidan dengan Timur Tengah. Ini karena akulturasi adalanya yang dulunya Jawa lebih dinamis dan animisme dengan nilai ilahi yang berasal dari Timur Tengah juga tergabung dalam selera dan niat para pengkhotbah yang berbagi agama Islam di Jawa.
Sementara monoteisme itu sendiri memiliki arti yang sangat luas dan pemahaman sains yang kita ketahui untuk memfasilitasi monoteisme, monoteisme didefinisikan sebagai sikap pengacara terhadap kesatuan keeksistens Allah. Sifat persatuan ini menjadi penting bagi umat Islam dan menjadi jelas dan juga berbeda dengan agama lain. Tauhid dalam Islam tidak hanya mempercayai keberadaan satu Tuhan, tapi lebih dari itu. Pedesaan ini juga harus memiliki tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Orang beragama setidaknya harus bisa menangkap dan meniru tingkah laku Tuhan, seperti sifat Rahman & rahimnya.
Masalah ketauhidan dalam masyarakat Jawa lebih terfokus pada masalah kemakrifatan, yaitu pemahaman siapa dirinya dan siapa yang menciptakannya. Sangkan paraning dumadi menjadi area sentral yang kerap dijadikan sebuah studi, sekaligus sebagai tujuan masyarakat Jawa, dalah-mix-illahlah Tuhan. Hubungan pribadi pria Jawa dengan Tuhannya nampaknya lebih menarik untuk dialami daripada mempelajari masalah Syariahnya. Maka tak ayal datang konsep manunggaling kawula-Gusti, sebuah konsep penyatuan hamba dengan Tuhan.
Hal ini kemudian mengilhami Walisongo untuk membuat konsep tersebut dapat diterima masyarakat dan tidak mengalami kejutan dalam agama. Wayang adalah jawabannya. Dalam cerita pop dengan game Milky Milky Bible mengatakan bahwa sekali bersatu dengan Dewa Ruci & mendapat wacana spiritual darinya, dia (Bima) segera mendirikan pertapaan Argakelasa dengan gelar Bima Bima Suci Paksa kesempurnaan yang mengajarkan ilmu pengetahuan.
Menurut Damarjati Supadjar, serat Bima Suci menggambarkan sebuah pertemuan dengan esensi eksistensi, yang juga dikenal dengan ngluruh sarîra atau racut, meleleh dan larut. Transformasi ke Bima Bima Bima Suci atau bertemu dengan identitas Dewa Ruci atau mirip dengan pertemuan antara Mozes dan Khidr. Hasilnya adalah kesadaran kosmik, kesatuan kelahiran dan semangat, awal akhirnya.
Orang Jawa mengenal boneka yang sudah terkenal dan yang paling dicintai bahkan memiliki nilai suci adalah semar. Semar menjadi tokoh utama dalam segala hal, sekaligus sosok yang bertugas sebagai pembantu, penasihat negara dan spiritual. Di dalam boneka itu diberi tahu bahwa kendi tinggal di Karang dekat, yang berarti Semar selalu tertinggal dan merendam jantung setiap hati manusia, takut, dan jauh dari tuhan. Sehingga bisa dikatakan bahwa semar selalu hadir dan menyantuni kekurangan / kekurangan kebutuhan spiritual.
Apalagi, semar juga diperintahkan untuk menjaga hati orang suci agar tidak terkontaminasi oleh sifat shaytani. Karena itu, pada boneka tersebut dikatakan ia dijatuhi hukuman alam atau natural sunyaruri yang menaklukkannya kosong dan tidak boleh mendominasi manusia di alam. Inti kekosongan adalah sifat kosong dari cahaya ilahi yang kemudian disebut Semar dalam sifat hampa dengan kebutuhan spiritual yang berguna bagi manusia.
Semar hadir untuk menekankan pentingnya peran agama dalam kehidupan. Agama berperan dalam membangkitkan orang dan membimbing mereka menuju terang. Sosok Semar juga merupakan simbol Alquran sebagai kalam ilahi yang sangat penting, di mana ada beberapa tujuan mendasar, yaitu:
Membersihkan roh & memurnikan jiwa dari segala bentuk syirik,
Menciptakan kemanusiaan yang adil dan beradab,
persatuan dan kesatuan karakter, baik alam fisik dengan tujuan metafisik dan banyak lagi yang ditawarkan oleh sosok Semar di wayang untuk menciptakan representasi.
Punakawan memiliki nilai emisi ketasawufan, baik fisik maupun harian, dari gambar. Dalam Islam diasumsikan bahwa aspek tasawuf membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Dan dalam prestasinya, manusia harus mengambil maqomat yang menonjol yang tercermin dari Semar
Semar setidaknya sifatnya: Wijaya (merenungkan dedikasinya kepada negara), mantriwira (senang mempersembahkan kepada negara), Wicaksana maya (bijak dalam berbicara dan bertindak), matangwan (orang tercinta dan tercinta), pengabdian satya Prabu (kesetiaan) ke Negara & Raja), wakniwak (tidak berpura-pura), seharwan Pasaman (pasien & Sareh, tidak gugup di hati), Presiden Saha (dapat dipercaya, jujur, tulus dan loyal), tan Lelana (baik semangat maupun kontrol dari lima instrumen), diwiyacita (menghilangkan kepentingan pribadi), samastha buwana (berjuang untuk kesempurnaan diri dan kemakmuran di seluruh dunia). Dan masih banyak karakteristik panakawan yang mengarah pada konsep kehidupan ala sufi. Hanya itu saja.