web analytics
Belajar Memahami Ilmu Tangguh Keris - DUNIA KERIS

Dunia Keris. Ilmu andal artinya pengetahuan (kawruh) buat memperkirakan jaman pembuatan keris, beserta cara meneliti karakteristik istimewa atau gaya dalam rancang bangun keris, jenis besi keris & pamornya.Dalam catatan antik, dituliskan identitas secara tertulis. Notasi itu meyakini akan adanya sebuah gaya atau langgam berasal setiap kerajaan. Artinya dalam jaman Majapahit diyakini kerisnya mempunyai beberapa karakteristik gaya atau langgam yang seragam. Begitu jua jaman kerajaan Mataram & seterusnya jaman kerajaan Surakarta Hadiningrat diyakini mempunyai gayanya masing-masing.

Keyakinan terhadap bahan besi & pamor maupun menjadi panduan dalam ilmu andal ini.Adapun pembagian tahapan-tahapan zaman itu artinya menjadi berikut:

1. Kuno

(Budho) tahun 125 M 1125 M
meliputi kerajaan-kerajaan: Purwacarita, Medang Siwanda, Medang Kamulan, Tulisan, Gilingwesi, Mamenang, Pengging Witaradya, Kahuripan & Kediri.

2. Madyo Kuno

(Kuno Pertengahan) tahun 1126 M 1250 M.
Meliputi kerajaan-kerajaan : Jenggala, Kediri, Pajajaran & Cirebon.tiga. Sepuh Tengah

(Tua Pertengahan) tahun 1251 M 1459 M
Meliputi Kerajaan-kerajaan : Jenggala, Kediri, Tuban, Madura, Majapahit & Blambangan.4. Tengahan

(Pertengahan) tahun 1460 M 1613 M
Meliputi Kerajaan-kerajaan : Demak, Pajang, Madiun, & Mataram5. Nom

(Muda) tahun 1614 M 1945
Meliputi Kerajaan-kerajaan : Kartasura & Surakarta.6. Kamardikan 1945 hingga seterusnya.

Adalah keris yang diciptakan sesudah Indonesia merdeka, 1945.
Pada waktu itu pun raja di Surakarta Hadiningrat ke XII mendapat julukan Sinuhun Hamardika. Keris yang diciptakan dalam era ini masuk dalam penggolongan keris kamardikan.Tangguh adalah seni yang digandrungi oleh komunitas pecinta keris, alasannya adalah disini terletak suatu seni dalam nilai kemampuan; semacam uji kemampuan berasal sesama penggemar keris. Tangguh maupun menjadi sebuah nilai dalam harga sebilah keris … sesuai demam isu yang terdapat berasal masa ke masa.Tangguh dalam kamus bahasa Jawa (S. Prawiroatmodjo) diartikan menjadi boleh diklaim, tenggang, waktu yang baik, sangka, persangkaan, gaya, lembaga, macam (keris).Namun demikian, tuntutan modernitas & cita-cita yang kritis (sisi ilmiah) masa kini, andal dituntut menjadi niscaya (exact), artinya ilmu andal akan bergeser menyesuaikan jaman buat bisa melengkapi keliru satu kriteria dalam melakukan tunjangan profesi sebilah keris. Tuntutan ini artinya hal yang realistik alasannya adalah generasi belia tidak lagi menyanjung sesepuh yang belum tentu mempunyai wawasan yang benar. Penyanjungan sesepuh artinya karakteristik etnografis berasal budaya paternalistik dalam sub kultur Jawa (Nusantara). Namun demikian ilmu andal harus tetap dipertahankan keberadaannya, kepercayaan dalam sesepuh akan bergeser dalam tunjangan profesi suatu badan bahkan mungkin institusional berskala nasional.Dalam sisi pandang yang kritikal dalam abad modern ini, andal menjadi sebuah rangsangan baru buat meneliti secara lebih niscaya, benar & tepat (exact) memilih sebilah andal keris. Maka taraf pengetahuan yang tertuang dalam masa dulu melalui catatan, kitab & naskah antik menjadi sebuah catatan yang masih kurang memenuhi hasrat keingin-tahuan perkerisan dalam ketika kini. Catatan atau kitab antik tidak melampirkan model sketsa atau foto apa yang dimaksudkan dalam uraiannya. Tulisan antik wacana andal maupun belum bisa mengklaim si penulis artinya orang mengetahui keris, bisa jadi penulis artinya seorang pujangga yang menulis secara puitis, alasannya adalah waktu itu memang tidak mempunyai target bahwa tulisannya akan menjadi sebuah kawruh yang semakin tinggi menjadi ilmu seni menangguh.Ilmu andal seringkali menjadi sebuah polemik, alasannya adalah terkendala oleh poly hal, antara lain; kendala wawasan, kendala wilayah (domisili atau eksistensi), kendala oleh narasumber yang sebetulnya berskala lokal, kendala oleh alasannya adalah minat atau kesukaan dalam jenis keris & berbagai hal-hal yang memancing perdebatan.Salah satu cara buat membuat sebuah ilmu andal yang representatif tentu harus melakukan pendataan & penelitian ulang, keliru satunya artinya beserta meneliti penyesuaian antara keris penemuan (artefak) beserta situsnya (geografis); meneliti & mempelajari ulang catatan antik & memperbandingkannya satu kitab beserta kitab yang lain. Saat ini pun di perpustakaan keraton masih poly sumber yang bisa menjadi referensi, baik kitab-kitab bahkan model keris berserta kekancingannya.Dibawah ini identitas sebuah keris & tangguhnya :

Jenggala
Ganja pendek, wadidangnya tegak, terdapat-terdapat mirip punggung sapi, besi padat-halus & hitam pekat, pamor mirip rambut putih & sogokan tanpa pamor.

Pajajaran
Ganja ambatok mengkurep, berbulu lembut, sirah cecak panjang, besi berserat & kemarau, potongan harga bilah ramping, pamor mirip lemak/gajih, blumbangan atau pejetan lebar, sogokan relatif lebar & pendek.Majapahit
Potongan bilah relatif kecil/ramping, ganja sebit rontal kecil luwes, sirah cecak pendek & meruncing, odo-odo tajam, besi berat & hitam. Pamor ngrambut berserat panjang-panjang. Pasikutan keris Wingit.Tuban
Ganja berbentuk tinggi berbulu, sirah cecak tumpul, pamor menyebar, potongan harga bilah konveks & lebar.Bali
Ukuran bilah besar & panjang, lebih besar berasal ukuran keris jawa, besi berkilau, pamor besar halus & berkilau.Madura Tua
Besi kasar & berat, sekar kacang tumpul & pamor besar-besar/agalMataram
Bentuk ganja mirip cecak menangkap mangsa, sogokan berpamor penuh, sekar kacang mirip gelung wayang, pamor tampak kokoh, & atas puyuan muncul/menyembul (ujung sogokan)Kartosura
Besi relatif kasar, apabila ditimang relatif berat, bilah lebih gemuk, ganja berkepala cicak yang meruncingSurakarta
Bilah mirip daun singkong, besi halus, pamor menyebar, puyuan meruncing, gulu meled dalam ganja pendek, odo-odo & bagian lainnya tampak manis & luwes.Yogyakarta
Ganja menggantung, besi halus & berat, pamor menyebar penuh keseluruh bagian bilah.Catatan diatas hanya menjadi model penulisan kriteria andal, yang tentu seharusnya disertai model barangnya berupa foto, sketsa atau blad. Maka hal yang sebenarnya ilmu andal memang masih perlu disempurnakan. Namun demikian semoga ulasan singkat diatas sedikit menambah wawasan kita semua. Maturnuwun.

Leave a Reply